Pengertian Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli


Kecerdasan Interpersonal adalah sebuah bentuk kemampuan dari dalam diri individu untuk memahami serta membedakan suasana hati, motivasi, kehendak serta perasaan orang lain di sekitarnya. Memiliki intuisi yang peka terhadap berbagai ekspresi wajah, gerakan tubuh, serta suara orang lain bahkan mampu memberikan respon positif yang efektif dalam berkomunikasi.
Kemampuan ini juga dapat masuk ke dalam orang lain hingga mengerti dunia dari orang lain. Sehingga kebanyakan orang-orang dengan kemampuan seperti ini sangat mudah dalam memimpin sebuah kelompok. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai kecerdasan interpersonal
https://infoteklae.blogspot.com/2019/06/pengertian-kecerdasan-interpersonal.html

Berikut ini beberapa pengertian kecerdasan interpersonal menutur beberapa ahli:
1. Menurut Lwin  (2008)
Menurut Lwin, kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan dalam memahami serta memperkirakan perasaan, suasana hati, serta keinginan orang lain di sekitar anda dan dapat merespon nya dengan layak.
2. Menurut Prasetyo dan Andriani (2009)
Kecerdasan interpersonal merupakan kapasitas seseorang untuk memahami maksud, keinginan serta motivasi dari orang lain.
3. Menurut Safaria (2005)
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan serta ketrampilan seseorang untuk menciptakan hubungan sosial sehingga kedua belah pihak yang berada didalam situasi benar-benar saling menguntungkan satu sama lainnya.
Individu yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal yang tinggi biasanya akan mampu menjalin suatu komunikasi efektif dengan orang-orang lainnya, memiliki empati, dapat mengembangkan hubungan harmonis dengan orang lain disekitarnya, serta mampu dalam memahami sifat, suasana hati, motif, serta temperamen orang-orang lainnya.
Kecerdasan interpersonal adalah suatu kemampuan yang dimiliki individu untuk mengamati serta memahami maksud dan perasaan orang lain. Jenis kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke diri orang lain, memahami pandangan dan sikap orang lain.
Biasanya banyak dari mereka yang memiliki kecerdasan seperti ini memiliki kemampuan sebagai pemimpin dalam sebuah kelompok. Kecerdasan interpersonal juga diartikan sebagai sesuatu hal yang terjadi pada dua pribadi, terlihat proses yang timbul sebagai akibat dari hasil interaksi individu dengan individu lainnya.
Kecerdasan interpersonal juga seringkali disebut dengan kecerdasan sosial, tak hanya memiliki kemampuan dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang lain namun juga mampu untuk memimpin dan mengorganisir dalam sebuah ruang lingkup.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime