Dimensi Kecerdasan Interpersonal


Menurut Anderson, yang tercantum dalam kutipan oleh Safaria (2005,24), terdapat tiga tingkat Dimensi Kecerdasan Interpersonal.
https://infoteklae.blogspot.com/2019/06/dimensi-kecerdasan-interpersonal.html

Berikut tiga tingkat dimensi Kecerdasan Interpersonal :
1. Social Sensitivity
Social sensitivity atau yang dikenal dengan senstivitas sosial, merupakan kemampuan seseorang dalam merasakan dan mengamati berbagai macam reaksi pada individu yang kemudian ditunjukkan baik dalam bentuk verbal ataupun non verbal. Ada beberapa indikator di dalam sensitivitas sosial, yaitu:
·         Sikap empati
·         Sikap prososial 

2. Social Insight
Merupakan kemampuan dalam memahami serta mencari solusi dari permasalahan yang efektif di dalam interaksi sosial. Sehingga masalah-masalah yang ada tidak akan menghambat hubungan sosial yang sudah terbentuk sebelumnya.
Pondasi dasar dalam sosial insight adalah berkembanganya kesadaran individu secara baik. Kesadaran diri inilah yang akan membuat seseorang lebih mampu untuk memahami dirinya sendiri mulai dari internal hingga eksternal. Ada beberapa indikator di dalam sosial insight, yaitu:
·         Kesadaran diri.
·         Terampil dalam memecahkan masalah.
·         Paham situasi sosial serta etika sosial.

3. Social Communication
Kemampuan seseorang dalam berkomunikasi yang baik, entah itu dalam bentuk verbal ataupun non verbal. Kemampuan berkomunikasi ini mencakup dalam ketrampilan berbicara, menulis, public speaking, hingga mendengarkan dengan efektif.  


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime