Kompetensi Kewirausahaan


Wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan (knowldge), ketrampilan (skill) dan kwalitas individu yang mencakup sikap, motivasi, nilai serta behavior yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan/pekerjaan. 

Adapun ketrampilan yang diperlukan tsb. Mencakup : Managerial skill, conceptual skill, human skill (ketrampilan memahami, mengerti, berkomunikasi dan berrelasi), decision making skill, time management skill dan ketrampilan teknik lainnya secara spesifik.

Namun demikian memiliki pengetahuan dan ketrampilan saja ternyata tidak cukup, sebagai seorang wirausaha harus juga memliki sikap positif, motivasi dan selalu berkomitmen terhadap pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Bagi seorang wirausaha kinerja merupakan tujuan yang selalu ingin dicapainya, dimana kinerja ini dipengaruhi oleh kompetensi (yang diartikan sebagai pengetahuan, ketrampilan, kemampuan individu).
Dalam rumusan sebagai berikut :
 INTELLECTUAL CAPITAL = COMPETENCE  X  COMMITMENT,
 hal ini berarti bahwa walaupun memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi bila tidak disertai komitmen yang tinggi maka tidak akan dapat memanfaatkan modal intelektualnya.
Demikian pula halnya untuk  COMPETENCE =  CAPABILITY  X   AUTHORITY  dan CAPABILITY   =  SKILL  X  KNOWLEDGE. 

Pada dasarnya kepribadian seorang wirausaha dibentuk oleh adanya pengetahuan, ketrampilan atau kecakapan yang dilengkapi dengan sikap dan motivasi untuk selalu berprestasi. Dalam dunia bisnis yang disebut core competency adalah kreativitas dan inovasi guna menciptakan nilai tambah untuk meraih keunggulan, yang tercipta melalui pengembangan pengetahuan , ketrampilan dan kemampuan. 
 
Pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan merupakan core competency bagi wirausaha untuk menciptakan daya saing khusus agar memiliki bargaining position yang kuat dalam persaingan.

Lihat juga,  Fungsi Dan Peran Wirausaha

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime