Pengertian GSM dan Topologi Jaringan GSM

Global System for Mobile Communication sering disebut GSM atau 2G adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital yang mulanya GSM singkatan  dari Groupe Special Mobile. Teknologi GSM banyak diterapkan  pada komunikasi  bergerak, khususnya telepon genggam. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular.

GSM merupakan teknologi seluler generasi kedua yang menggunakan teknologi modulasi digital, menyediakan kapasitas lebih besar, kualitas suara serta sekuritas yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknologi seluler generasi pertama.

Pada awalnya teknologi ini dirancang pada frekuensi 900 MHz (GSM 900). Pada perkembangan selanjutnya, teknologi GSM mulai dioperasikan pada frekuensi 1800 MHz atau disebut DCS 1800. Global System for Mobile Communication (GSM) mampu mentransmisikan voice dan data, namun bit ratenya masih kecil yaitu sekitar 9,6 kbps.

Dimana dengan bit rate seperti itu hanya data-data yang mempunyai bit rate rendah seperti SMS saja yang dapat dikirimkan. Komunikasi pada GSM berbasiskan circuit switch, artinya pembagian kanal dimana setiap satu kanal itu mutlak dimiliki oleh satu user.

Teknologi seluler generasi kedua ini menggunakan teknologi Time Division Multiple Access (TDMA) sebagai “air interface”. Pada teknologi ini, suatu pita frekuensi tertentu yang lebih lebar dibagi-bagi ke dalam beberapa time slot. Hal ini berarti bahwa beberapa panggilan dapat menggunakan kanal  frekuensi yang sama, tetapi pada suatu slot waktu yang berbeda-beda.

Komponen Jaringan GSM (2G)
Secara umum, komponen jaringan dalam arsitektur jaringan GSM dapat dibedakan atas empat subsistem yaitu:Mobile Station (MS)
  • BSS (Base Station Subsystem)
  • NSS (Network and Switching Subsystem)
  • OMS (Operation and Maintenance system) / NMS (Network Management Subsystem)


Topologi Jaringan GSM (2G)


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime