LTM Dasar Pemograman Algoritma Divide And Conquer (Storing)

PERTEMUAN 10
ALGORITMA DIVIDE AND CONQUER
(STORING)

B. Jawaban
1.  Algoritma Divide and Conquer merupakan algoritma yang sangat popular di  dunia  Ilmu  Komputer.  Divide  and  Conquer merupakan  algoritma  yang berprinsip untuk memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk diselesaikan.
2.  Algoritma metode sorting :
a)      Metode Selection Sort
Teknik pengurutan dengan cara pemilihan elemen dgn memilih elemendata terkecil utk kemudian dibandingkan & ditukarkan dgn elemen pddata awal, dst s/d seluruh elemen shg akan menghasilkan pola data ygtelah di sort.
b)   Metode Buble Sort
Disebut juga dengan metode Penukaran (Exchange Sort),yaitu metoda yang mendasarkan pada penukaran elemen untuk mencapaikeadaan urut yang diinginkan. Teknik yang diinspirasi oleh gelembung sabun yang berada dipermukaan air. Karena berat jenis gelembung lebih ringan dari pada air, maka gelembung akan naik keatas.(benda yang berat akan terbenam, benda ringan terapung).
c)    Metode Merge Sort
Merge sort adalah algoritma yang digunakan untuk menyusun list yang diberikandengan cara membagi list yang diberikan menjadi dua bagian yang lebih kecil. Kedua list yang baru ini kemudian akan disusun secara terpisah. Setelah keduabuah list tersusun, maka akan dibentuk list baru yang merupakan hasilpenggabungan dua buah list sebelumnya.

d)   Metode Quick Sort
Algoritma sortir yang efisien yang ditulis oleh C.A.R. Hoare pada 1962. Dasar strateginya adalah “memecah dan menguasai”. Quicksort dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini, yang
disebut tumpuan (pivot), kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain.
e)    Metode Insertion Sort
Algoritma ini dianalogikan seperti mengurutkan kartu, selembar demi selembarkartu diambil dan disisipkan (insert) ke tempatyang seharusnya. Pengurutan dimulai dari data ke-2 sampaidengan data terakhir, jika ditemukan data yang lebih kecil, maka akan ditempatkan (diinsert) diposisi yang seharusnya. Pada penyisipan elemen, maka elemen-elemen lain akan bergeser ke belakang.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime