Cara Memilih Prosesor Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

CPU (Central Processing Unit) merupakan salah satu komponen PC Anda yang paling penting. Prosesor yang Anda pilih akan menentukan kecepatan, kenyamanan dan tentunya harga PC Anda. Semakin tinggi kecepatan clock CPU maka akan semakin cepat pula kinerja PC Anda. Processor dengan Core 3.46GHz i5-670 tentu saja lebih cepat dan mengalahkan Core 2.93GHz i3-530, untuk mendapatkan kecepatan lebih. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam Processor adalah ukuran cache, semakin tinggi semakin baik JUGA. Core i3 dan Core i5 memiliki cache 4MB, sedang Core i7 memiliki 6MB atau 8MB cache.

Compact PC dan beberapa perangkat yang all-in-one, biasanya mempunyai prosesor yang lemah, seperti netbook atau notebook, tapi ada kelebihannya juga. Mesin Notebook atau netbook yang prosessornya lebih lemah, mempunyai bentuk yang lebih kecil sehingga tidak terlalu panas bila digunakan, sehingga ideal untuk mesin-mesin kecil. PC dengan prosesor Intel Atom tidak bisa (tidak optimal) digunakan untuk kerja-kerja tingkat tinggi seperti editing video, game high-end, graphic design, dll.

Desktop dengan prosesor Intel Core i3 dan Core i5 lebih disukai karena menawarkan kinerja CPU dual-core dengan harga terjangkau. Dengan tenaga lebih lemah, penjualan Core i3 dan Cor i5 lebih murah pula. Core quad, 6-core dan i7 mempunyai target pengguna yang membutuhkan prosesor pekerja keras. Jika Anda bermain game high-end atau mengedit audio dan video, Anda lebih gampang dan lebih cepat dengan menggunakan Core i7. 

Saat ini Desktop PC menggunakan prosesor Intel atau AMD. Anda dapat memilih diantara keduanya, meskipun saat ini Intel lebih merajai pasar namun AMD memiliki harga dual-core, quad-core, dan chip enam-core lebih murah. Jika Anda mencari performa quad-core dengan budget terbatas, anda perlu melihat-lihat dulu harga jual AMD, karena umumnya lebih murah.

Demikian sedikit tentang cara memilih prosesor sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga Bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime