Sistem Operasi OpenSolaris

Pengertian

OpenSolaris adalah sistem operasi open source yang didasarkan pada Solaris dibuat oleh Sun Microsystems, yang sekarang menjadi bagian dari Oracle Corporation. Ia juga merupakan nama dari proyek yang diprakarsai oleh Sun untuk membangun komunitas pengembang dan pengguna di sekitarnya. 

Sistem Operasi OpenSolaris

OpenSolaris diturunkan dari Unix System V Release 4 codebase, dengan perubahan signifikan yang dibuat oleh Sun karena membeli hak untuk kode tersebut pada tahun 1994. Ini adalah satu-satunya open source turunan System V tersedia. Buka snapshot komponen yang bersumber dari rilis Solaris terbaru dalam pengembangan. Sun telah mengumumkan bahwa versi Solaris dari sistem operasi komersial akan didasarkan pada teknologi dari OpenSolaris proyek.

 

 

Penggunaan sistem

OpenSolaris versi pengembangan yang mencakup semua tambalan dikenal, upgrade, lebih baru dan lebih techologies aplikasi yang dirilis pada periode biasanya setiap 15 hari di dalam / dev repositori. Dukungan dibayar dengan backported update untuk rilis stabil yang tersedia dari Oracle, berakhir dengan merilis OpenSolaris 2.009,06. Sebuah daftar kompatibilitas hardware HCl untuk OpenSolaris harus berkonsultasi ketika memilih hardware untuk OpenSolaris penyebaran. Resmi OpenSolaris luas administrasi dan dokumentasi penggunaan tersedia online [18] juga kontribusi masyarakat-informasi.


Sistem Operasi OpenSolaris

Lisensi

Sun telah merilis sebagian besar Solaris kode sumber di bawah Common Development and Distribution License (CDDL), yang didasarkan pada Mozilla Public License (MPL) versi 1.1. Yang disetujui CDDL open source sebagai lisensi oleh Open Source Initiative (OSI) pada bulan Januari 2005. File dilisensikan di bawah CDDL dapat dikombinasikan dengan file dilisensikan di bawah lisensi lain, apakah open source atau kepemilikan.
Selama pengumuman Sun Java pembebasan di bawah GNU General Public License (GPL), Jonathan Schwartz and Rich Green kedua mengisyaratkan kemungkinan melepaskan Solaris di bawah GPL, dengan Green mengatakan bahwa ia “jelas tidak” keberatan relicensing di bawah GPL. Ketika mendesaknya Schwartz (bercanda), Green mengatakan Sun akan “akan sangat dekat melihat hal itu.” Pada Januari 2007, eWeek melaporkan bahwa sumber-sumber anonim di Sun telah mengatakan kepada mereka OpenSolaris akan dilisensikan di bawah dual-CDDL dan GPLv3. Green menanggapi dalam blog-nya keesokan harinya bahwa artikel itu salah, mengatakan bahwa meskipun Matahari adalah memberikan “sangat pertimbangan serius “untuk seperti dual-pengaturan lisensi, itu akan menjadi subjek persetujuan oleh seluruh komunitas OpenSolaris.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime