Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

I.    Latar Belakang Telkom Idonesia

PT. TELKOM, Tbk adalah Suatu Badan Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. PT. TELKOM menyediakan sarana dan jasa layanan Telekomunikasi dan Informasi kepada masyarakat luas sampai kepelosok daerah di seluruh Indonesia.

Sejarah PT. TELKOM di Indonesia pertama kali berawal dari sebuah badan usaha swasta penyediaan layanan pos dan telegrap yang didirikan kolonial Belanda pada tahun 1882. Pada tahun 1961 status jawatan diubah menjadi perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1965 pemerintah memisahkannya menjadi perusahan Negara Pos dan Giro dan perusahaan Negara Telekomunikasi. Pada tahun 1974 Perusahaan Negara Telekomunikasi disesuaikan menjadi perusahaan Umum Telekomunikasi yang menyelenggarakan jasa Telekomunikasi Nasional dan Internasional. Pada tahun 1989 pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No.3/ 1989 mengenai Telekomunikasi, yang isinya tentang peran swasta dalam penyelenggaraan Telekomunikasi. Pada tahun 1991 Perusahaan Umum Telekomunikasi berubah bentuk menjadi perusahaan Perseroan (Persero), Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP No.25/ 1991 sampai sekarang.

Direktur Utama Telkom saat ini adalah Arief Yahya yang menggantikan Rinaldi Firmansyah pada 11 Mei 2012 yang lalu. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). 

Telkom Indonesia
Logo Telkom Indonesia

II.    Strategi Bisnis Telkom
  • Mengoptimalkan layanan POTS dan memperkuat infrastruktur broadband.
  • Mengkonsolidasikan dan mengembangkan bisnis sambungan telepon nirkabel tidak bergerak/Fixed Wireless Access (“FWA”) serta mengelola portofolio nirkabel.
  • Mengintegrasikan Solusi Ekosistem Telkom Group.
  • Berinvestasi di layanan Teknologi Informasi (TI).
  • Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
  • Berinvestasi pada peluang bisnis wholesale dan internasional yang strategis.
  • Berinvestasi pada peluang domestik yang strategis dengan mengoptimalkan penggunaan aset yang dimiliki.
  • Mengintegrasikan Next Generation Network(“NGN”) dan Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management(“OBCE”).
  • Menyelaraskan struktur bisnis dengan pengelolaan portofolio.
  • Melakukan transformasi budaya Perusahaan.

III.    Opini Masyarakat 

Komisaris Jendral Alfian merespon apa yang telah dilakukan untuk kesatuan Telkom mengatakan sejauh dalam bentuk sarana pendukung Internet Broadband Learning Center Telkom Learning serta ribuan bibit pohon buah ke daerah-daerah di Kelapa Dua Brimob Mako sangat berguna. Banyak anggota di unit dan pelopor Gegana memanfaatkan media internet yang ada dalam lingkungan saat ini BLC dan kita berubah menjadi hijau setelah pohon telah ditanam bibit bantuan, mudah-mudahan kesadaran ini kita bisa merasakan lagi, katanya.


IV.    Analisa SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

analisis SWOT

Analisa SWOT terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
  1. Strength adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kekuatan dari organisasi/perusahaan pada saat ini.
  2. Weakness adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kelemahan dari organisasi atau perusahaan pada saat ini.
  3. Opportunity adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan peluang untuk berkembang bagi organisasi/perusahaan di masa depan.
  4. Threat adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan ancaman     bagi organisasi/perusahaan dan dapat mengancam eksistensi  organisasi/perusahaan di masa depan.
Pada persentasi saya ini, saya akan menganalisa PT. TELKOM INDONESIA dengan metode analisis SWOT.

A.    Strength (Kekuatan)
  1. Telkom memiliki kekuatan finansial yang besar. Hal ini memudahkan Telkom untuk melakukan investasi peralatan telekomunikasi yang mahal. Selain itu, mereka juga telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.
  2. Sepanjang tahun 2008, jumlah pelanggan Perusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat.
  3. Pilihan produk dan cakupan serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan strategis yang dimiliki Telkom.
  4. Dari sisi keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan rasio hutang terhadap ekuitas yang sehat.
  5. Sejumlah departemen dan instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom sebagai pelanggan langsung, dengan termin yang dinegosiasikan secara komersil.

B.    Weakness (Kelemahan)

  1. Jumlah pekerjanya terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya.
  2. Langkah strategis merger & akuisisi, investasi & divestasi serta pengelolaan anak perusahaan mengandung peluang dan risiko yang dapat mempengaruhi performansi keuangan perusahaan.
  3. Kepentingan Pemegang Saham Pengendali dapat berbeda dengan kepentingan Pemegang Saham Telkom lainnya.
  4. Kebocoran Pendapatan berpotensi terjadi akibat kelemahan internal dan masalah eksternal dan jika terjadi dapat menimbulkan kerugian pada hasil usaha Telkom.

C.    Opportunity
  1. Industri telekomunikasi dan informasi akan terus memiliki peranan penting di Indonesia seiring pertumbuhan yang berkesinambungan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
  2. Permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial.
  3. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang besar, dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet, tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom.

D.    Threats
  1. Masyarakat semakin menuntut mobilitas dan fleksibilitas dari alat komunikasinya, telepon rumah “tradisional” tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  2. Kondisi persaingan akan menjadi semakin ketat, para operator bertarung untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan yang jumlahnya makin kecil.
  3. Tidak ada jaminan bahwa situasi politik di Indonesia akan stabil atau Pemerintah akan menerapkan kebijakan ekonomi yang kondusif untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi atau yang tidak berdampak negatif terhadap kondisi regulasi telekomunikasi pada saat ini.
  4. Kemungkinan krisis keuangan global akan berdampak buruk secara material terhadap Telkom.
  5. Jaringan Telkom, khususnya jaringan akses kabel , dapat menghadapi potensi ancaman keamanan, seperti pencurian atau vandalisme yang dapat berdampak pada hasil usahanya.


V.    Kesimpulan

Dari Analisis SWOT PT. TELKOM INDONESIA maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
  1. Dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk menjaga dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat. Karena fungsi Public Relations adalah menciptakan opini publik yang positif bagi perusahaan agar citra perusahaan yang baik tetap terjaga.
  2. Informasi yang diberikan Public Relations kepada publik internal, tidak terkesan melebih-lebihkan pendapat masyarakat luar terhadap perusahaan. Sehingga para karyawan / staf dapat melaksanakan tugasnya tepat sasaran atau sesuai target perusahaan. Dan informasi yang diberikan harus up to date agar kegiatan perusahaan tetap berjalan dengan lancar.
  3. Selalu mempertahankan semangat dan loyalitas karyawan/staf kepada perusahaan.
  4. Keinginan dan kebutuhan masyarakat, sebagai konsumen, sangat perlu diperhatikan demi mempertahankan perusahaan.
  5. Diterima tidaknya suatu perusahaan atau disukai tidaknya produksi perusahaan oleh masyarakat, salah satunya bergantung pada hasil kerja Public Relations sebuah perusahaan.

VI.    Daftar Pustaka

Telekomunikasi Indonesia. http://id.wikipedia.org/wiki/Telkom.
Analisis SWOT. http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT.
Laporan Tahunan 2008. http://www.telkom.co.id/hubungan-investor/laporan-laporan/.
Penerapan Analisa SWOT. http://rajapresentasi.com/2009/04/penerapan-analisa-swot/.
Perencanaan Strategis. http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_strategis.
PEST. http://en.wikipedia.org/wiki/PESTEL.
Profil Perusahaan. http://www.telkom.co.id/hubungan-investor/profil-perusahaan/.
Sekilas Telkom. http://www.telkom.co.id/tentang-telkom/sekilas-telkom/.
SWOT analysis. http://en.wikipedia.org/wiki/SWOTanalysis.
Tata Perusahaan. http://www.telkom.co.id/hubungan-investor/tata-kelola-perusahaan/.



Baca juga,  



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime