Cara Mendapatkan Throughput DL-UL Maksimal Pada Drive Test 4G

Dalam dunia Drive Test (DT) biasanya customer tidak hanya meminta good RSRP dan  good SINR (Good RF Condotion), tapi juga minta good Throughput Download-Upload (DL-UL).

Troughput DL-UL infoteklae.blogspot.com
Troughput DL-UL

Throughput itu sepenuhnya tanggung jawab DT engineer, dengan asumsi site sehat : tidak ada alarm, tidak ada isu transmisi, dan yang pastinya site itu good RF condition.

Good RSRP dan SINR (RF Condition) tidak bisa dibebankan ke DT Engineer karena itu tergantung konfigurasi antenna pada site, kecuali ada komparasi antara DT Engineer yang satu dengan yang lainnya. Bisa dari cara letakkan MS nya, bisa dari kualitas toolsnya atau kecuali masalah dengan tools.

  • Cek RSRP, SINR, MCS-Modulation and coding scheme-(64QAM, 16QAM, QPSK), PDSCH RB Number, Transmission Mode
  • Korelasi => RSRP, SINR, PDSCH RB Number, = semakin besar semakin bagus
  • Transmission Mode = semakin besar semakin bagus , TM1, TM2, TM3, TM4 (Tergantung dari jenis antenna-MIMO-SIMO) MCS => 64QAM>16QAM>QPSK
  • Yang paling bisa diperhatikan adalah PDSCH RB Number. Parameter ini merepresentasikan seberapa banyak slot frekuensi yang kita pakai. PDSCH RB Number nilai maksimalnya ini tergantung dari lebar bandwidth yang digunakan oleh operator.
  • Dengan asumsi sitenya sehat, dari parameter ini pula anda bisa tau, dalam kondisi anda download, parameter semua bagus (RSRP, SINR, MCS, TM) kecuali PDSCH RB Number naik turun drastis, maka besar kemungkinan masih banyak user yang camping di site/sektor tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT PT.TELKOM INDONESIA

Cara Mengatasi Tidak Bisa Main di RANKED Mobile Legends

Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Yang Lambat

MAKRAB (Malam Keakraban)

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Samsung Grand Prime